Thursday, July 13, 2017

Long Time No See.. Tau-Tau si Bocah Udah Gede..

Haloooooo blog apa kabar? Sebel ya dah lama ga diisi? Maaf ya saya suka blogwalking dan sok sibuk.. Akhirnya blog sendiri terbengkalai deh, huhuhu.. *ga ada yang nanya juga, pan. heu..*

Eniho.. karena masih dalam suasana bulan Syawal.. Saya mengucapkan Taqaballahu Minna Waminkum.. Mohon maaf lahir dan batin yaaa.. Tolong dimaapin ya blog.. *ngomong sendiri lagi sis? heh..*

Lalu, ada angin apakah saya kembali menulis di blog ini? Sebenernya bukan ada angin apa, tapi karena postingan terakhir di blog ini adalah rekap paruh kedua 2016, dan fotonya waktu jibril ulang tahun ke-2 pas saya ujian tesis.

TAHUKAH ANDA DALAM 6 HARI KE DEPAN BOCAHNYA AKAN BERUSIA TIGA TAHUN??? *biasa aja kali ga usah pake capslock, hahaha..*

Nah, karena itulah saya merasa sangat berdosa karena belum juga meng-update blog ini.. *puk..puk*


***

Lalu... apa sajakah yang sudah terjadi sepanjang 2017??? Eng ing eng.. Let's have a quick rekap.. *rekap lagi, rekap lagi, bocen deh kakak..*

JANUARI 2017
Di bulan Januari itu ada pameran foto kawan SMA saya Mencari Amang.. Acaranya cukup heits karena banyak banget yang hadir, lalu banyak banget yang ngasih dukungan, dan saya pun sampai mbrebes mili baca artikelnya di Media Indonesia. Yang nulis artikelnya si Abdi, mengharukan deh..


(Foto: Agung DP)

Di bulan Januari juga ada pernikahannya sepupu saya Ika dan Alfi.. Hari itu sangat luar biasa deh.. luar biasa ramai, luar biasa melelahkan, sampai luar biasa.. ya gitu deh.. sulit untuk dijelaskan dengan kata2.. Di pernikahan ini juga membuat kami (akhirnya) punya foto keluarga pake pakaian resmi, meski tampilannya ya gitu deh, haha..



FEBRUARI 2017
Bulan Februari menjadi bulan yang menarik bagi saya, muai, dan jibril. Bermula dari pertemuan dengan dengan geng CS kesayangan Baity, Zia, I'a, dan Ellen di Passer Baroe. Saat itu pembicaraan yang menjadi heits adalah soal keberhasilan Zia dan Ellen diet keto. Tau ga diet keto? Ga tau? Gugling gih *rese banget* Itu loh diet keto, keto e diet padahal enggak, hehe garing.. Long story short, saya jadi terinspirasi untuk diet juga, meski ga diet keto juga karena saya kan suka banget makan nasi, hohoho..


(kolase foto dari waktu ke waktu.. Ngangenin deh..)

Tapi oh tapi, saya kali ini terinspirasi untuk diet karena baju2 pada sempit padahal di sisi lain saya lagi ga pengen banyak2 belanja baju baru.. mau ikutan capsule wardrobe ala-ala mari kondo gitu (meski belum kesampean juga sih).. Tapi intinya kalau baju sempit kan ga bisa dipake, trus mesti beli baju baru padahal ga pengen beli baju baru.. *ribet mode on*

Trus, si muai ternyata pengen ikutan diet deh.. akhirnya kita berdua kembali ke terapi minum air jeruk nipis anget di pagi hari, dan mengakhiri makan malam jam19.00. Simple aja sih sebenernya, ga diet aneh2 gimina.. udah gitu ga ngongso juga.. kalau weekend makan di luar dan melebihi jam7 malem? ya udah dilemesin aja shay.. toh ga tiap hari kaya gitu kan..

Lalu berhasil atau enggak dietnya? Alhamdulillah ternyata ngaruh loh itu.. kami lumayan bisa mengendalikan diri ga makan terlalu gragas kaya kemarin2.. sejak februari sampai (pertengahan) juli ini saya udah turun 3-4 kg. Harusnya mungkin bisa lebih banyak turunnya.. tapi abis Lebaran kan ya, belum nimbang lagi jadinya, soalnya belum ada Posyandu/Posbindu lagi di PAUD-nya Jibril, haahahaha..

Hal kedua yang luar biasa di bulan Februari adalah Jibril kami bawa ke klinik tumbuh kembang anak di bilangan tanjung duren. Soalnya kami ngerasa kok dia ngomongnya baru dikit ya, padahal dia udah 2,5 tahun kan. Nah dengan berbagai pertimbangan, akhirnya kami membawa Jibril ke klinik tumbuh kembang untuk dikasih assessment sama dokternya.

Lalu apakah yang terjadi? Menurut diagnosis awal, kemampuan berbicara jibril itu seperti anak berumur 2 tahun, padahal dia sudah 2,5 tahun. Ada delay sekitar 6 bulan, namun belum sampai parah. Jadi dia dianjutkan untuk terapi sensori integrasi (SI) dan okupansi terapi (OT), sebelum dia terapi wicara (TW). Apa itu SI, OT, dan TW, ya gugling aja, haha.. *masih terus nyebelin aja si mbaknya..* Ya, intinya SI itu untuk membangkitkan panca indranya. Kemudian OT, saya ga tau persisnya apa sih definisinya, tapi dia itu bertujuan untuk membuat fokus. Salah satu terapinya itu bermain puzzle, sensory play, dan juga meronce. Semacam latihan fokus dan kordinasi deh ya.

Mulai pertengahan Februari, jibril terapi SIOT seminggu sekali. Kemudian setelah 3 atau 4 kali terapi SIOT, terapis jibril menganjurkan anaknya juga ikut sesi TW. karena dia sudah bisa mengikuti instruksi dan sudah siap untuk TW.

Episode terapi Jibril ini ternyata juga membuka banyak hal-hal baru buat saya, muai, dan tentunya Jibril. Bagaimana saya dan muai akhirnya pergi ke Pasar Asemka untuk membeli beberapa puzzle dan apapun yang disebut dalam kategori mainan edukatif. Lalu siapa yang menyangka Jibril sangat suka angka dan huruf, sehingga dia cepat sekali fasih berceloteh abjad dan angka.


(Jibril suka banget puzzle, salah satunya puzzle huruf hijaiyah ini..)

Episode ini juga membuat saya dan muai mulai mengerti pentingnya sesi one-on-one bermain bersama anak. Bagaimana pentingnya kontak mata saat berbicara dengan anak itu penting. Agar selain anak melihat kita, dia bisa mendengar sekaligus membaca bibir kita. Hal itu tujuannya agar ia mengeluarkan bunyi/suara yang benar. karena tanpa kontak mata, mungkin dia hanya mendengar, dan akhirnya jadi selective hearing. Masalah selective hearing ini yang menyebabkan anak kadang bicara tidak jelas. Ya mungkin karena memang dia hanya mendengar yang dia dengar, tidak melihat jelas bagaimana bunyi itu diproduksi. *ngerti kan ya maksudnya?*

Ya pokoknya gitu deh.. Alhamdulillah setelah tiga bulan yang juga diselingi beberapa kali off karena kami liburan (uhuk), lalu jibril sakit, dan lain sebagainya. Di akhir Mei, Jibril kembali bertemu dokter untuk dilakukan diagnosis lanjutan. Setelah sesi SIOT dan TW bersama terapis2 yang baik hati, Jibril akhirnya dinyatakan perkembangannya sesuai dengan anak sesusianya.. Alhamdulillah.. Dia memang masih harus berlatif motorik halus dengan makan sendiri, tapi itu bisa dilakukan sendiri oleh orangtua di rumah.. :)

Jadi pesan saya untuk para orangtua yang ngerasa 'something wrong' sama anak mereka mending dibawa ke klinik tumbuh kembang. Karena seperti saya ni, mungkin sebenernya bukan anaknya yang 'bermasalah' tetapi justru orangtua nya yang kurang informasi mengenai tumbuh kembang, dan apa yang sebaiknya dilakukan/tidak dilakukan ke anak.

Trus ternyata baru ampe bulan Februari ya rekapnya tapi sayanya mulai capek, hahaha..

Yaudah nanti dilanjut lagi ya.. doakan biar ga males2.. karena anaknya udah mau tiga tahun loh itu, hahahahaha..

No comments: